09 Mei 2011

Fungsi tangen pemrograman Turbo Pascal

Di dalam bahasa pemrograman Pascal (yang lebih dikenal dengan Turbo Pascal) tidak ditemukan adanya fungsi tangen, sementara untuk fungsi cos dan fungsi sin tersedia di dalam bahasa pemrograman Pascal, contoh:
  • Jika kita ingin mengetahui nilai sin dari suatu bilangan/sudut kita bisa langsung mendefinisikannya pada Turbo Pascal dengan sintaks sebagai berikut:
    var a:real;
    begin
    write('masukkan nilai suatu sudut! '); readln(a);
    writeln('Sin ',a,'= ',Sin(a*Pi/180));
    readln
    end.

  • Jika kita ingin mengetahui nilai cos dari suatu bilangan/sudut kita bisa langsung mendefinisikannya pada Turbo Pascal dengan sintaks sebagai berikut:

    var a:real;
    begin
    write('masukkan nilai suatu sudut! '); readln(a);
    writeln('Cos ',a,' = ',cos(a*Pi/180));
    readln
    end.

  • Namun jika kita ingin mengetahui nilai tan dari suatu bilangan/sudut, kita tidak bisa langsung mendefinisikannya pada Turbo Pascal dengan sintaks sebagai berikut:

    var a:real;
    begin
    write('masukkan nilai suatu sudut! '); readln(a);
    writeln('Tan ',a,' = ',tan(a*Pi/180));
    readln
    end.

    Jika sintaks diatas kita coba jalankan akan muncul peringatan error pada Pascal yaitu: “Unknown identifier” karena Turbo pascal tidak mengenal fungsi tangen dan kursor pun tertuju pada tulisan tan. Nah, bagaimana caranya membuat fungsi tan tersebut dalam bahasa pemrograman Pascal (Turbo Pascal)? Itulah yang akan jadi pembahasan kita pada kesempatan kali ini

Kita ingat kembali bahwa:

Jadi kita membuat fungsi tangen di dalam Turbo Pascal dengan menggunakan suatu formula (rumus), yaitu: tan (a) = sin (a) / cos (a). Sekarang timbul pertanyaan bagaimana seandainya kalau cos (a) bernilai 0 (nol)? Tentu akan terjadi ERROR pada perhitungan tan (a) karena pembagian oleh nol? Untuk mengatasi hal itu kita akan buat suatu penyeleksian yang mana bila cos (a) bernilai nol maka akan ditampilkan tulisan “Maaf, tan (a) tidak terdefinisi” dan jika cos (a) tidak bernilai nol akan ditampilkan tan (a) = sin (a) / cos (a), kira-kira algoritmanya seperti diagram di bawah ini:

Jika algoritma di atas kita tuliskan di dalam bahasa pemrograman Pascal, maka sintaksnya akan berbentuk kira-kira seperti ini:

var a:real;
begin
write('input a! '); readln(a);
if (cos(a*Pi/180)) = 0 then writeln('Tan(',a,') tak terdefinisi') else
writeln('Tan(',a,')= ',sin(a*Pi/180)/cos(a*Pi/180));
readln
end.

Jika sintaks ini kita tulis pada bahawa pemrograman Pascal maka akan didapatkan fungsi tan (dalam bentuk degree/derjat), bagi teman yang ingin mendownload file aplikasi dari program ini dan file word (.doc) dari postingan ini dapat mendownloadnya di sini

ingin dapat update tentang artikel program turbo pascal lainnya? silakan Join Group facebook sahabat-informasi.com dan Like Fanpage sahabat informasi dengan dengan account facebook kamu,

Baca juga:

1 komentar:

hehehe , gak mendalami maslah kek gini je