17 November 2011

Mengubah lebar kolom dan tinggi baris pada excel 2007 dalam centimeter (cm) atau inci

Mengatur (setingan) / Mengubah lebar kolom dan tinggi baris pada Excel 2007 dalam centimeter (cm) atau inci

Lebar 1 kolom excel (column width) secara default (standar/bawaan/normal) adalah 8,43. Satuan untuk lebar kolom pada excel secara default adalah karakter (kurang tahu juga apa yang dimaksud/dianggap sebagai karakter di sini, tapi untuk sementara dapat dianggap bahwa 1 angka dinilai sebagai 1 karakter). Jadi secara default lebar 1 kolom dalam excel adalah 8,43 karakter, sehinga dalam 1 kolom excel hanya muat diketikkan 8,43 karakter, atau secara kasar bisa dikatakan dalam 1 kolom excel hanya muat 8 karakter dan untuk karakter ke-9 tidak seutuhnya masuk dalam 1 kolom excel tersebut, silakan coba ketikkan 8 karakter angka, ketika kita ketikkan 8 angka masih muat dalam 1 kolom, dan ketika kita ketikkan 9 angka tidak muat lagi dalam 1 kolom, itulah kira-kira ukuran 8,43 karakter.


Sementara untuk tinggi baris pada excel (row height) secara default adalah 15. Satuan untuk tinggi baris pada excel secara default adalah point (pt). 1 pt kira-kira 0,03533 cm.

Nah, Sekarang bagaimana untuk mengubah lebar kolom dan tinggi baris tersebut dalam centimeter (cm) atau dalam inci? Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Klik tab View
  2. Klik Page Layout

    dan tampilan lembaran kerja akan berubah seperti berikut:
  3. Selanjutnya silakan ubah lebar kolom dan tinggi baris seperti biasa, untuk saat ini satuan lebar kolom dan tinggi baris sudah dalam centimeter (cm) atau inci. Untuk ukuran yang diinginkan dalam centimeter (cm), tambahkan “cm” setelah nilai angka yang dimasukkan dan untuk satuan yang diinginkan dalam inci, tambahkan “in” setelah nilai angka yang dimasukkan.
  4. Kemudian untuk mengembalikan tampilan lembaran kerja seperti semula, klik kembali tab View (lihat nomor 1), kemudian klik Normal.
Demikian cara mengubah lebar kolom dan tinggi baris pada excel 2007 dalam centimeter (cm) atau inci, mudah-mudahan bermanfaat, kalau ada yang ragu atau kurang dimengerti silakan ditanya, insya Allah jika bisa akan dibantu.

ingin dapat update tentang artikel menarik lainnya? silakan Join Group facebook sahabat-informasi.com dan Like Fanpage sahabat informasi dengan dengan account facebook kamu,

Download file .doc dari postingan ini di sini

0 komentar: