23 November 2011

Pengenalan Adaptor

Tulisan berikut adalah copy paste from www.anneahira.com hanya karena ingin tahu lebih banyak tentang adaptor.

Adaptor, sebagian juga ada yang menyebutnya adapter, adaptor sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Televisi bisa hidup karena ada adaptornya. Radio hidup karena ada adaptor, mesin cuci juga ada yang mempunyai adaptor, terutama yang kontrolnya elektronik, seperti merek Philips dan Toshiba.

Jika kita perhatikan adaptor berasal dari bahasa Inggris, yaitu adapt yang artinya merubah. Dalam elektro, adaptor adalah alat untuk menurunkan tegangan listrik AC (alternating current) ke tegangan DC (direct current). Listrik yang terpasang di rumah adalah listrik AC. Adaptor ada dua macam, yaitu adaptor multi output dan single output. Ada juga beberapa tipe adaptor khusus yang ada di komputer yang dikenal dengan nama adaptor video.

Adaptor multi output voltasenya banyak dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti 0,5 volt, 3 volt, 5 volt, 7 volt, 10 volt, 12 volt, dan 24 volt. Adaptor multi output digunakan untuk kontrol elektronik di dalam televisi, DVD player, komputer, radio tape, dan alat rumah tangga lainnya.

Adanya berbagai voltase tersebut menyesuaikan dengan besar kecilnya power yang dibutuhkan. Single output (satu voltase) untuk mengisi ulang baterai telepon seluler (5 volt), laptop (19 volt), kamera digital (3,7 volt).

Adaptor singe output diaplikasikan untuk industri. Adaptor ini dipakai untuk mengontrol elektronik pengedali mesin, seperti PLC (programable logic control) dan inverter (alat untuk merubah frekuensi AC ke DC). Inverter tidak merubah voltase tapi frekuensi. Tujuannya untuk menghemat tenaga listrik hingga 40%. Adaptor single output selain dipakai oleh masyarakat umum juga dipakai oleh bengkel-bengkel elektronik, misalnya, reparasi televisi, reparasi radio, dan reparasi komputer.

Hal yang membedakan diantara sekian banyak adaptor adalah besar kecilnya ampere (kuat arus). Ampere ini menunjukkan besar kecilnya power yang dibutuhkan, misalnya 0,5 ampere, 3 ampere, 5 ampere, 10 ampere, dan 12 ampere. Masing-masing adaptor tidak bisa saling pakai. Maksudnya, charger handphone tidak bisa dipakai untuk men-charge karena amperenya kecil.

Bentuk adaptor sangat variatif, ada yang kotak, ada yang dengan kabel, ada yang langsung menancap ke power listrik (AC). Ukurannya menyesuaikan dengan besar kecilnya ampere. Semakin besar amperenya, secara fisik bentuk adaptornya semakin besar karena di dalamnya ada gulungan atau gumparan email.

Tapi jangan salah mengira, ada charger yang tidak berfungsi seperti adaptor, misalnya mobile emergency charger. Charger yang sering dipakai oleh para pelancong atau para backpaker ini, hanya memindahkan isi baterai kering ke baterai telepon seluler. Karena baterai kering akan habis, maka charger ini tidak mempunyai ciri seperti adaptor. Setelah melakukan tugasnya energi adaptor tidak habis.

Sumber energi adaptor ada yang menggunakan tenaga surya. Sumber tenaganya bukan dari PLN tapi dari tenaga matahari.

Adaptor yang khusus dipakai di dalam komputer atau lebih dikenal dengan nama video adaptor atau video controller digunakan untuk sinyal video ke video display melalui kabel. Letak video adapter biasanya di dalam sistem board utama (main board) atau di board tambahan tapi juga bisa sebagai bagian dari terminal.

Contoh adaptor jenis ini di antaranya adalah: CGA, MCGA (Multi Color Grapich Array), MDA (Monochrome Display Adapter), VGA.CGA, Color/Graphics Adapter, diperkenalkan oleh IBM tahun 1981, EGA (Enhanced Grapich Adapter), diperkenalkan oleh IBM tahun 1984. EGA mampu mengemulsi CGA dan MDA sekaligus menyediakan beberapa video modes.

MCGA, sebuah video adapter yang dimasukkan ke IBM PS/2 Model 25 dan 30. Video adapter yang diperkenalkan pada tahun 1981, hanya mempunyai one character mode, yaitu 25 garis dan 80 karakter setiap garisnya dengan garis bawah, blinking, dan karakter intensitas tinggi.

VGA (Video Grapich Array), sebuah adapter yang diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1987. VGA menduplikasikan semua video modes dari EGA dan menambah beberapa modes lagi. Grafik paling terkenal adalah dua grafik mode: satu men-support 640 horizontal pixels kali 480 vertikal pixels dengan 2 atau 16 color secara bersamaan.

download file .doc nya di sini

ingin dapat update dari artikel elektro lainnya? silakan Join Group facebook sahabat-informasi.com dan Like Fanpage sahabat informasi dengan dengan account facebook kamu,

Tulisan berikut adalah copy paste from www.anneahira.com hanya karena ingin tahu lebih banyak tentang adaptor.

1 komentar:

ok sob good info...lain waktu ane kembali tuk update di blog sobat..salam kenal n sukses selalu.thanks