11 Maret 2012

ASEAN

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau disingkat Perbara. Jadi dalam bahasa internasional dikenal dengan ASEAN dan dalam bahasa Indoensia dikenal dengan Perbara.





Sejarah ASEAN
Sejarah ASEAN dimulai saat lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand bertemu di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Pertemuan itu dihadiri oleh para pemimpin negara pemrakarsa dan menghasilkan sebuah deklarasi yang dinamakan Deklarasi Bangkok.
Berikut ini perwakilan dari lima negara pencetus/pendiri ASEAN:
  1. Perwakilan Indonesia oleh Adam Malik
  2. Perwakilan Malaysia oleh Tun Abdul Razak
  3. Perwakilan Thailand oleh Thanat Koman
  4. Perwakilan Filipina oleh Narcisco Ramos
  5. Perwakilan Singapura oleh S. Rajaratnam

Tujuan Pembentukan ASEAN
Pembentukan organisasi regional ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama multilateral antarnegara di kawasan Asia Tenggara. Bentuk kerja sama antarnegara itu meliputi bidang ekonomi, sosial dan budaya, serta keamanan dan perdamaian antarnegara ASEAN.

Penambahan Anggota ASEAN
Awalnya negara ASEAN hanya mempunyai 5 anggota, seiring berjalannya waktu, anggota ASEAN pun terus bertambah, yaitu:
  1. Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984
  2. Vietnam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 28 juli 1995
  3. Myanmar bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 juli 1997
  4. Laos bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 juli 1997
  5. Kamboja bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 16 Desember 1998

Jadi negara ASEAN berjumlah 10, karena itu lambang negara ASEAN adalah sepuluh batang padi yang diikat. Negara yang terletak di Asia Tenggara yang tidak atau belum menjadi anggota ASEAN adalah Papua Nugini dan Timor Leste.

Negara Anggota Asean – Indonesia
Indonesia atau Negara yang dikenal dengan julukan Zamrud Khatulistiwa merupakan sebuah negara kepulauan yang sangat luas dengan penduduk yang telah mencapai kurang lebih 250 juta jiwa. Negara yang akrab dengan berbagai jenis bencana ini terus berjuang memajukan ekonomi rakyatnya dan mendidik penduduknya agar bisa bersahabat dengan bencana-bencana yang semakin sering bertandang ke negara yang terkenal sebagai batu manikam di khatulistiwa ini.
Negara yang berbentuk republik yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 ini dikepalai oleh seorang presiden.

Negara Anggota Asean – Malaysia
Negara jajahan Inggris ini mempunyai beberapa pulau dan negara bagian yang berkontur hampir sama dengan Indonesia. Malaysia terbagi menjadi dua, Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat berada di semananjung, sedangkan Malaysia Timur berada di Pulau Kalimantan (Borneo) bagian atas.
Negara yang merdekan pada tanggal 31 Agustus 1957 ini mempunyai lagu kebangsaan “Negaraku”. Negeri Jiran ini dipimpin oleh seorang raja.

Negara Anggota Asean – Singapura
Singapura termasuk salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki tingkat pendidikan dan ekonomi terhebat. Negara kecil ini begitu piawai mengelola kelemahannya menjadi kelebihannya sehingga membuat orang-orang di seluruh dunia datang dan mengunjunginya. Wisata kesehatan dengan rumah sakit bertaraf internasional, wisata belanja dengan barang-barang yang menggiurkan, wisata seminar, dan berbagai jenis wisata lainnya, telah menempatkan Singapura sebagai negara tempat berinvestasi terbaik di Asia Tenggara.
Tahu Changi Airport? Ya Changi Airport adalah bandara terbesar di Negara “seribu satu larangan” ini, yang juga merupakan bandara tersibuk se-Asia Tenggara. “Majulah Singapura”, itulah lagu kebangsaannya.

Negara Anggota Asean – Thailand
Negara berjulukan Gajah Putih ini memiliki raja yang begitu dihormati oleh rakyatnya, Thailand juga memiliki pemandangan alam yang begitu membius. Saking indahnya, banyak film Hollywood yang mengambil setting di negara yang penuh dengan sensasi ini. Penduduknya sangat serius dalam bidang pertanian.
Apapun nama buah bila dibelakang namanya ada Bangkok, maka buah tersebut dijamin berkualitas bagus.
Thailand sempat mengalami krisis yang memakan korban cukup banyak, tapi dengan peranan raja yang masih sangat kental, krisis tersebut berhasil diredam.

Negara Anggota Asean – Filipina
Negara lumbung padi ini merupakan negara kepulauan dengan penduduk yang cukup padat. Kehidupan agamanya cukup relijius dengan sebagian besar menganut Katolik. Negara yang sempat menjadi basis keamanan Amerika di Asia Tenggara ini masih terus berjuang memakmurkan rakyatnya.
Filipina merupakan sebuah negara yang berbentuk republik yang dipimpin oleh presiden

Negara Anggota Asean – Brunei Darussalam
Negara kecil di timur Pulau Kalimantan ini merupakan negara kerajaan yang mempunyai seorang sultan yang tercatat sebagai orang yang paling kaya di seluruh dunia. Sultan Bolkiah yang mengoleksi ribuan mobil ini berhasil membuat rakyatnya benar-benar menikmati hasil alam berupa minyak dan gas yang begitu melimpah di negara ini.
Pendidikan gratis, biaya kesehatan yang ditanggung negara membuat rakyatnya merasa tak masalah bila sang sultan memiliki jiwa pembelanja yang cukup gila. Dengan istana bertabur barang mahal termasuk emas, rakyat Brunei tidak protes. Ini semua karena mereka sudah merasa cukup diperhatikan oleh sang sultan dan pemerintahan Negara petro dollar ini.
Negara Anggota Asean – Vietnam
Negara komunis dengan tragedi kemanusiaan yang tak terkirakan ini, benar-benar mengagetkan. Begitu banyak kemajuan yang luar biasa yang telah dicapai oleh negara yang pernah mengalahkan Amerika di masa perang Vietnam ini kini malah merangkul Amerika untuk memajukan perekonomian bangsanya.
Negara yang bernama resmi Republik Sosialis Vietnam ini adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara.

Negara Anggota Asean – Laos
Negara komunis yang kini mulai bangkit mengikuti ekonomi global. Ketertinggalan di hampir segala bidang membuat Laos membutuhkan banyak bantuan dari negara-negara tetangganya.
Laos dijuluki dengan The Land Locked Country/Tanah yang terkunci, karena letak geografis Laos yang terkurung/terkunci oleh 5 negara. Lima negara yang mengunci/mengurung negara Laso adalah Myanmar, Republik Rakyat Cina, Vietnam, Kamboja, dan Thailand.

Negara Anggota Asean – Myanmar
Negara ini tetap kukuh bertahan dengan sistem pemerintahannya yang tidak demokratis. Tak banyak hal yang bisa diceritakan dengan negara yang masih tergolong kurang beruntung dari segi sumber daya alam ini. Kekuasaan militer terlalu kuat di negara ini yang dapat dilihat dari bentuk pemerintahannya yaitu berbentuk Junta Militer.
Negara yang dulunya bernama Birma ini sekarang dikenal dengan Myanmar. Perubahan nama Birma menjadi Myanmar dilakukan agar etnis non-Birma merasa bagian dari negara tersebut. Myanmar berarti tanah emas. Myanmar memiliki banyak pagoda (semacam kuil yang memiliki atap bertumpuk-tumpuk) sehingga tidak salah Myanmar dijuluki dengan Negari Pagoda

Negara Anggota Asean – Kamboja
Kamboja adalah sebuah negara yang berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14.
Negara yang beribu kota di Phnom Penh ini mempunyai pendapatan ekonomi yang tergolong rendah dibandingkan negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Kantor Sekretariat ASEAN di Indonesia
ASEAN mempunyai Kantor Sekretariat yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja No. 70A, Jakarta Selatan.

Prisnip dibentuknya ASEAN
Berikut ini prinsip dasar dibentuknya ASEAN.
  • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara
  • Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar
  • Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota
  • Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai
  • Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan
  • Kerja sama efektif antara anggota

Kerjasama Negara-negara Anggota ASEAN
Saat ini, negara-negara anggota ASEAN menjalin kerjasama di berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan latihan militer gabungan.

Kerjasama Negara-negara Anggota ASEAN di Bidang Politik
Negara-negara anggota ASEAN sudah menyepakati untuk menyelesaikan semua permasalahan di bidang politik lewat meja perundingan. Selain itu, negara-negara anggota ASEAN juga setuju untuk menjadikan Asia Tenggara bebas senjata nuklir.

Kerjasama Negara-negara ASEAN di Bidang Ekonomi
Dalam masalah ekonomi, negara-negara anggota ASEAN berusaha menciptakan kerjasama perdagangan yang bersifat saling menguntungkan. Kerjasama negara-negara anggota ASEAn di bidang ekonomi, yaitu sebagai berikut.
  • Mendirikan pusat promosi ASEAN untuk bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata di Tokyo
  • Membuat pengadaan cadangan pangan, terutama beras
  • Mendirikan proyek-proyek industri ASEAN, misalnya proyek pabrik pupuk urea amonia di Indonesia dan Malaysia

Kerjasama Negara-negara ASEAN di Bidang Sosial
Di bidang sosial, negara-negara anggota ASEAN mengadakan kerjasama:
  • Pencegahan dan penanggulangan narkoba
  • Penanggulangan bencana alam
  • Perlindungan terhadap anak cacat , dan
  • Pemerataan kesejahteraan sosial masyarakat

Akhir-akhir ini, ada berita bahwa Timor Leste akan ikut bergabung dengan ASEAN, namun sampai saat ini masih belum. Demikian sekilas perkenalan tentang ASEAN, semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.anneahira.com/

ingin dapat update artikel menarik lainnya? silakan Join Group facebook sahabat-informasi.com dan Like Fanpage sahabat-informasi.com dengan account facebook kamu,

bagi teman-teman yang ingin mendownload file .doc dari postingan ini silakan download di sini

0 komentar: